Profil

Profil

(Sumber Data : Renstra Januari 2021)

  1. Sejarah Singkat Madrasah

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta adalah Lembaga Pendidikan Formal tingkat SMA dengan ciri khas keislaman. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta adalah Kelas jauh MAN 2 Jakarta, Pada Tahun 1993 MAN 6 Jakarta Berdiri sendiri sesuai dengan Keputusan Menteri Agama RI nomor 244 tahun 1993 tanggal 25 Oktober 1993.
Urutan Nama Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta sejak penegerian sampai dengan sekarang sebagai berikut:

  1. Drs. H. Muslim Ghafur
  2. Drs. H. Syarifuddin Daulay
  3. Drs. H. Muallim, MM
  4. Drs. H.Teguh Arminto, M.Pd
  5. Drs. H. Nuroto
  6. Drs. H. M. Fadoli
  7. Mohammad Yasin, M. Pd
  8. H. Solehuddin Warto, S. Pd, MM
  9. Drs. H. Hasan Yeubun

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta, Berakreditasi A dengan No.SK.Akreditasi : 752/BAN-SM/SK/2019.
Pada Tahun 2011 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta Memiliki
Gedung B di Jalan Taruna jaya Cibubur Jakarta Timur.
Tahun 2020 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta Gedung B Mendapatkan SBSN untuk Gedung Asrama Terpadu Putra.
Tahun Pelajaran 2021/2022 Membuka Kelas Boarding .
Kepala MAN 6 Jakarta

2. Profil Singkat Lembaga

  • Nama Madrasah : Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta
  • Alamat Madrasah
    Kampus A : Jl. MAN 6 Blok E No.27 RT 10 RW 04 Kel. Dukuh Kec. Kramatjati 13550 Kota : Jakarta Timur, Provinsi : DKI Jakarta
    Kampus B : Jl. Taruna Jaya RT 02 RW 13 Kel. Cibubur Kec. Ciracas 13720, Kota : Jakarta Timur, Provinsi : DKI Jakarta
  • Nomor Telepon
    Kampus A : (021) 8404248
    Kampus B : (021) 87715498
  • Nomor Faksimle
    Kampus A : (021) 8404248
    Kampus B : (021) 87715498
  • Website : www.man6-jkt.sch.id
  • Email : man6jkt@kemenag.go.id
  • Kepala Madrasah : Drs. H. Hasan Yeubun (196212111990031002)
  • Kepala TU : Dra. Muthmainah (197907162003121002)
  • Status Madarasah : Negeri
  • Standar Madrasah : Akreditasi A No. 024334
  • No. SK. Akreditasi : 752/BAN-SM/SK/2019
  • Tanggal SK. Akreditasi : 09-09-2019
  • Keadaan Gedung : Permanen
  • NSM : 131131750002
  • NPSN : 20177962
  • SK Penegerian : KMA Nomor 244 Tahun 1993 Tanggal : 25 Oktober 1993
  • Status Tanah : Hak Milik
  • Luas Tanah
    Kampus A : 4.911 m2
    Kampus B : 4.305 m2
  • Luas Bangunan
    Kampus A : 1.371 m2
    Kampus B : 1.480 m2

3. Kondisi Umum

Pendidikan adalah bagian dari hak asasi manusia dan hak setiap warga negara yang usaha pemenuhannya harus direncanakan dan dijalankan dengan sebaik mungkin. Pemenuhan atas hak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu merupakan ukuran keadilan dan pemerataan atas hasil pembangunan dan sekaligus menjadi investasi sumber daya manusia yang diperlukan untuk mendukung kelangsungan pembangunan bangsa. Hak untuk mendapatkan pendidikan sebagai pemenuhan hak asasi manusia telah menjadi komitmen global. Oleh karena itu, program pendidikan untuk semua termasuk yang inklusif diselenggarakan pada jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan sistem pendidikan terbuka dan demokratis.

Pembelajaran merupakan proses yang berlangsung seumur hidup, yaitu pembelajaran sejak lahir hingga akhir hayat yang diselenggarakan secara terbuka dan multimakna. Pembelajaran sepanjang hayat berlangsung secara terbuka melalui jalur formal, nonformal, dan informal yang dapat diakses oleh peserta didik setiap saat tidak dibatasi oleh usia, tempat, dan waktu. Pembelajaran dengan sistem terbuka diselenggarakan dengan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system).

Pendidikan multi makna diselenggarakan dengan berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan akhlak mulia, budi perkerti luhur, dan watak, kepribadian, atau karakter unggul, serta berbagai kecakapan hidup (life skills). Paradigma ini memperlakukan, memfasilitasi, dan mendorong peserta didik menjadi subjek pembelajar mandiri yang bertanggung jawab, kreatif, inovatif, sportif, dan berkewirausahaan.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov.DKI Jakarta sebagai bagian dari unsur pelaksana Pemerintah di bidang pendidikan mengemban tugas dan tanggungjawab agar proses perencanaan pembangunan bidang pendidikan dapat berjalan dengan baik, tersusun secara sistematis, sinergis dan komprehensif dengan sepenuhnya mengarah kepada pencapaian tujuan berdasarkan visi dan misi Kantor wilayah Kementerian Agama Prov.DKI Jakarta. Dalam mencapai visi dan misi tersebut, Kantor wilayah Kementerian Agama Prov.DKI Jakarta menetapkan 2 dua tujuan  di bidang pendidikan, yaitu :

  1. Peningkatan akses pendidikan umum berciri khas agama dan pendidikan keagamaan; dan
  2. Peningkatan mutu pendidikan umum berciri khas agama, pendidikan agama dan pendidikan keagamaan.

3. Visi Misi dan Tujuan

Visi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta tahun 2015 – 2019 adalah Terwujudnya generasi unggul dalam prestasi, kompetitif, berkarakter kebangsaan, berwawasan lingkungan, yang berdasarkan iman dan taqwa.

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka misi yang diemban MAN 6 Jakarta adalah :

1.  Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dengan tata kelola secara Integritas, Profesional, Inovatif, Tanggung Jawab dan Keteladanan;

2. Mengembangkan strategi dan metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Elaboratif, dan Menyenangkan (PAIKEM) ;

3.  Meningkatkan daya saing keunggulan prestasi akademik dan non-akademik;

4.  Menumbuhkembangkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme;

5.  Membudayakan sikap ramah lingkungan hidup;

6.  Menanamkan kepribadian dan perilaku sesuai tuntunan ajaran islam.

4. Jumlah Siswa Tahun 2015-2019

NoTahunJumlah Laki-LakiJumlah PerempuanTotal
12015-2016293440733
22016-2017280432712
32017-2018286430716
42018-2019326415741
52019-2020350431781

            Sumber data : Data siswa MAN 6 Jakarta

Dalam table diatas adalah data siswa pada tahun 2015 – 2019 dimana adanya peningkatan jumlah siswa dalam tahun 2015 – 2018 dan adanya penurunan jumlah siswa tahun 2019 dikarenakan menyesuaikan jumlah ruangan dan jumlah siswa per kelas.

5. Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas

  1. Peningkatan Standar Kompetensi Kelulusan

Peningkatan standar kompetensi kelulusan melalui indikator : 1) Meningkatnya progress Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran pada setiap Jenjang; 2) Meningkatnya skor diatas nilai kelulusan bagi peserta Try Out (TO);

Berdasarkan data diatas kedepan MAN 6 perlu meningkatkan kompetensi kelulusan pada aspek kemampuan berliterasi dan penguatan karakter.

Peningkatan standar komptetensi kelulusan adalah program yang digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik. standar komptensi kelulusan bisa dilihat dari table nilai ujian madrasah dan serta grafik penerimaan PTN MAN 6 Jakarta.

  • Peningkatan Standar Penilaian

Peningkatan standar kompetensi kelulusan melalui indicator : 1) Terlaksanannya proses penilaian kurikulum 2013; 2) terlaksananya program ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir semester; 3) terlaksanannya program remedial; 4) tersusunnya standar baku format laporan hasil belajar peserta didik kurikulum 2013; 5) terlaksanannya sistem online dalam penyampaian informasi hasil belajar peserta didik.

Standar penilaian adalah standar yang terdiri dari penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan  dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah.

  • Peningkatan Standar Pengelolaan

Peningkatan standar pengelolaan melalui indikator : 1) Tersusunnya RKAM sesuai dengan kebutuhan; 2) tersosialisasikan RKAM telah disusun; 3) tersosialisasikan program madrasah kepada orang tua / wali peserta didik kelas X, XI, XII; 4) Jumlah Data penunjang tes akademik peserta didik baru mengacu pada juknis PPDB Kementerian Agama RI; 5) Mengoptimalkan Penyelenggara program supervisi akademik dan non akademik; 6) Meningkatkan Penyelenggaraan program supervisi perpustakaan, laboratorium, administrasi Tata Usaha (TU); 7) Terlaksananya Kerjasama dengan lembaga-lembaga lain/instnsi di dalam negeri; 8) Terlaksananya kerjasama di dunia usaha; 9) Terlaksananya Pengembangan budaya bersih; 10) Meningkatnya lingkungan sehat, asri indah dan sejuk.

  • Peningkatan Standar Pendidik dan Tenaga kependidikan

Peningkatan standar pendidik dan tenaga kependidikan melalui indikator : 1) Meningkatnya Kualitas kehadiran dan pengumpulan laporan kinerja guru dan Tenaga Kependidikan; 2) Meningkatnya Kualitas kinerja Petugas kebersihan perlu optimalisasi berdasarkan hasil unjuk kerja; 3) Meningkatnya Kedisiplinan Guru dan tenaga kependidikan; 4) Meningkatnya jumlah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang memahami bidang Information Communication and Technology (ICT/TIK); 5) meningkatnya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) internal dan propinsi. ;6) Meningkatnya Jumlah pendidik yang berpendidikan S2.

Peningkatan standar standar pendidik dan tenaga kependidikan harus memiliki kualifikasi dan kompetensi guna mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik yang dimaksud adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan, berikut ini adalah table jumlah pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 6 Jakarta.

Jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan

Dari table diatas menjelaskan data guru dan tenaga kependidikan tahun 2015 – 2019 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta pada tahun 2016 adanya peningkatan jumlah guru PNS dan NON PNS di karenakan adanya kebutuhan kebutuhan guru dan tenaga kependidikan.

Dari tabel diatas menjelaskan data guru yang belum bersertifikat tahun 2015 – 2019 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta pada tahun 2017 adanya peningkatan guru PNS  yang belum tersertifikasi dikarenakan adanya pertambahan jumlah guru tetapi tahun 2018 – 2019 adanya penurunan jumlah, untuk guru NON PNS adanya peningkatan di tahun 2016 – 2019 dikarenakan adanya penambahan penerimaan guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 6 Jakarta.

  1. Peningkatan Standar Sarana dan Prasarana

Peningkatan standar Sarana dan parasarana melalui indikator :

1) Meningkatnya sarana dan prasarana sesuai standar;

2) Meningkatnya Sarana Prasarana Penunjang KBM;

3) Meningkatnya Perpustakaan yang Representatif sebagai sarana penguatan budaya literasi;

Standar sarana dan prasarana adalah standar pendiidkan yang wajib dimiliki adapun sarana  meliputi ruang kelas, ruang pimpinan, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, area olahraga, tempat ibadah,bahan habis pakai  dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran adapun dibawah ini adalah table kondisi sarana dan prasarana yang ada di MAN 6 Jakarta.

Tabel 1.6.1

Rincian kondisi tanah

  NoLuas Tanah (m2)Kode barangTahun Perole hanStatus kepemilikan tanah
sertifikatHGPbelumbersertifikatHGB
19.215  201010400220094.305  1  4.911  –
        

Selain berupa tanah atau lahan, prasarana yang digunakan oleh MAN 6 Jakarta meliputi :

                KAMPUS A

  1. Ruang Kepala Madrasah luas 8 X 7 m2
    1. Ruang TU luas 8 X 7 m2
      1. Ruang Guru luas 8 X 10 m2
      1. Ruang Kelas 8 X 7 m2
      1. Ruang Perpustakaan luas 8 X 7 m2
      1. Ruang computer 16 x 14 m2
      1. Ruang laboratorium BIOLOGI luas 8 X 7 m2
      1. Ruang laboratorium FISIKA luas 8 X 7 m2
      1. Ruang laboratorium KIMIA luas 8 X 7 m2
      1. Ruang Wakil Kepala 8 x 7 m2
      1. Ruang Kantin luas 10 X 10 m2
      1. Ruang Ektrakurikuler luas 8 X 10 m2
      1. Masjid luas 20 X 10 m2

KAMPUS B

  1. Ruang Kepala Madrasah luas 4 X 7 m2
    1. Ruang TU luas 8 X 7 m2
      1. Ruang Guru luas 8 X 10 m2
      1. Ruang Kelas 8 X 7 m2
      1. Ruang Perpustakaan luas 4 X 7 m2
      1. Ruang computer 8 x 7 m2
      1. Masjid luas 20 X 15 m2
      1. Gedung Asrama Terpadu 14 x 24 m2

Gambaran tentang kondisi ketersediaan sarana dan prasarana MAN 6 Jakarta serta kondisi kualitas serta kesesuaiannya dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel 1.6.2

GAMBARAN KONDISI KETERSEDIAAN BANGUNAN GEDUNG

MADRASAH ALIYAH NEGERI 6 JAKARTA

NoNama SatkerNama BangunanTipe BangunanLuas BangunanKondisi
1MAN 6 JakartaBangunan Gedung Pendidikan PermanenGedung Pendidikan218Baik
2MAN 6 JakartaBangunan Gedung Pendidikan PermanenGedung Pendidikan1.038Baik
3MAN 6 JakartaBangunan Gedung Pendidikan PermanenGedung Pendidikan218Baik
4MAN 6 JakartaBangunan Gedung Pendidikan PermanenGedung Pendidikan632Baik
5MAN 6 JakartaBangunan Gedung Pendidikan PermanenGedung Pendidikan1.480Baik
6MAN 6 JakartaBangunan Gedung Pendidikan PermanenGedung Asrama Terpadu162Baik
7MAN 6 JakartaBangunan Gedung Pendidikan PermanenGedung Tempat Ibadah201Baik
8MAN 6 JakartaGedung Pos Jaga PermanenGed. Pos Jaga10Baik
  1. Peningkatan Standar Pembiayaan

Peningkatan standar Sarana dan parasarana melalui indicator : 1) Tersusunnya Laporan keuangan yang akuntabel; 2) Tersusunnya program kegiatan sesuai dengan Anggaran; 3) Meningkatkan Optimalisasi keterserapan anggaran BOP, APBN, dan DIPA; 4) Meningkatkan Optimalisasi Laporan keuangan asrama yang akuntabel.

Standar pembiayaan merupakan standar untuk membiayai operasional pendidikan madrasah standar pembiayaan ini terdiri dari peningkatan akses, mutu dan relevansi madarasah dan dukungan manajemen pendidikan dan pelayanan tugas teknis lainnya.   dibawah ini adalah table realisasi anggaran selama lima tahun terakhir di MAN 6 Jakarta.